Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 24 Oktober 2012

Jokowi Pastikan Persija Jakarta Punya Stadion


Jokowi masih ingin melihat fasilitas yang akan ada di stadion bertaraf internasional itu, sehingga memakan biaya triliunan rupiah.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali memastikan Persija Jakarta bakal memiliki stadion sendiri seperti halnya klub-klub di Eropa. Anggaran untuk membangun stadion bertaraf internasional itu diperkirakan mencapai Rp1,5 triliun.

Rencana pembangunan stadion terkait dengan janji yang dilontarkan Jokowi, sapaan Joko Widodo, kepada kelompok suporter The Jak Mania saat mendukung Persija melawan Persela Lamongan di Stadion Manahan Solo pada Mei lalu. Saat jeda, Jokowi menghampiri ribuan The Jak Mania di tribun utara, dan terlibat perbincangan.

Pembangunan stadion ini juga berkaitan dengan akan dirubuhkannya Stadion Lebak Bulus yang akan diubah menjadi pusat sarana transportasi ibukota. Selama ini, Persija menyewa Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Menurut Jokowi, kota di negara lain memiliki stadion sendiri yang dimanfaatkan klub setempat. Selain digunakan untuk latihan rutin, dan dapat dipakai sebagai tempat pertandingan, baik berskala nasional maupun internasional.

“Masa klub sepakbola di kota besar tidak punya stadion sendiri. Lalu latihannya dimana? Kita akan upaya Persija sama dengan klub sepakbola di daerah manapun di negara lainnya. Real Madrid punya Santiago Bernabeu, Barcelona punya Camp Nou,” ujar Jokowi kepada wartawan.

“Tapi penyediaan stadion ini masih membutuhkan waktu lama. Saya belum tahu detail rincian penggunaan anggaran sebesar Rp1,5 triliun untuk stadion baru itu. Saya akan melihat fasilitas apa yang disediakan di dalam stadion, sehingga harus menelan dana triliunan rupiah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar