Cari Blog Ini

Sabtu, 09 Juni 2012

Hadapi Persisam, Persija Minus Precious

Pertahanan Persija Jakarta akan menghadapi ujian berat saat menghadapi Persisam Samarinda, Minggu 10 Juni 2012. Apalagi, skuad ibukota tidak akan diperkuat oleh salah satu bek tengah mereka, Precious Emuejeraye."Precious saat ini masih di Singapura, karena ada urusan keluarga. Dia harus mengurusi akte kelahiran anaknya, jadi kemungkinan besar dia akan absen," ungkap pelatih Persija, Iwan Setiawan,Lini pertahanan Persija saat ini sedang dalam kondisi tidak baik. Setelah mengecap status pemain dengan pertahanan terbaik pada paruh pertama, "Macan Kemayoran" malah harus kebobolan 13 gol dalam 10 pertandingan di paruh kedua. Jumlah itu sama dengan jumlah gol yang bersarang ke gawang mereka selama melakoni putaran pertama.


Menanggapi hal tersebut, Iwan menegaskan pertahanan timnya tidak sedang merosot, namun performa tim-tim lain yang sedang menanjak juga jadi salah satu alasan.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, pertahanan kami tingkat konsentrasinya masih naik turun. Tapi, saya tidak setuju kalau dianggap pertahanan kami sedang merosot performanya," lanjut Iwan.

"Karena tim-tim lain yang kami hadapi selama putaran kedua tampil bagus dan rata-rata gol mereka juga naik. Karena itu, hasil ini ada pengaruhnya dari performa tim lain," ujar pelatih yang sering menggunakan baju koko saat mendampingi timnya itu.

'Macan Kemayoran' tentu akan diancam oleh mobilitas Eka Ramdani dan ketajaman Cristian Gonzales. Namun kekuatan tim tuan rumah tidak hanya bertumpu pada kedua pemain itu saja, kekuatan Persisam yang lain juga dianggap bisa jadi ancaman serius.

"Semua pemain menurut saya bagus. Memang mereka punya penyerang bagus seperti Gonzales dan pemain tengah yang juga bagus seperti Eka, tapi kami tetap mewaspadai pemain lain," ujar kiper Persija, Andritany,
Meski begitu, Andritany, mengaku sudah memiliki cara untuk mengunci 'El Loco' di Stadion Segiri nanti. "Gonzales jangan sampai menghadap gawang," ujar kiper yang memperkuat Timnas Indonesia U-23 saat di SEA Games 2011 lalu itu.

"Karena kalau sudah mengarah ke gawang dia bisa menuntaskan peluang itu dengan berbagai cara. Jadi saya sudah mengingatkan pada pemain-pemain belakang saya untuk menekan dia dan tidak membiarkannya memperoleh ruang tembak," jelas pemain bernama lengkap Andritany Ardhiyasa itu.

Lini belakang Persija jadi salah satu sorotan besar pada paruh kedua ini. Pertahanan pasukan ibukota itu amat kuat sepanjang awal musim lalu dengan hanya kebobolan 13 gol sampai paruh musim.

Namun, penampilan Fabiano Beltrame cs langsung anjlok pada putaran kedua. Dalam 10 partai, total gol yang bersarang ke gawang Persija sama dengan sepanjang paruh pertama atau 13 gol. Andritany pun berhadap kedepannya lini belakangnya bisa kembali kokoh seperti awal musim lalu.

"Saya pribadi jelas ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dari putaran pertama, namun kejebolan banyak gol pada awal paruh kedua ini akan kami jadikan pelajaran. Semoga gol-gol kemarin menjadi gol terakhir yang masuk kegawang Persija," tegas pemain berusia 20 tahun itu.

Saat ini, posisi Persija turun ke peringkat lima klasemen Indonesia Super League (ISL) dengan total poin 45 dari 27 kali main. Posisi mereka disalip Persela Lamongan yang berhasil menang 2-1 atas Persidafon Dafonsoro, Jumat 8 Juni 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar