Cari Blog Ini

Senin, 01 April 2013

Bambang Pamungkas Resmi Gantung Sepatu dari Timnas Indonesia

Menurut Bambang Pamungkas, keputusannya untuk pensiun dari timnas, sudah terpikirkan sejak lama. Hal itu pula yang membuatnya memutuskan untuk menggunakan nama Pamungkas dari sebelumnya Bambang di jersey timnas ketika tampil di Piala AFF 2012.
“Awalnya saya pikir semuanya akan berjalan dengan mudah. Tinggal merangkai kata, upload ke blog pribadi dan kemudian di menyebarluaskan melalui akun twitter saya. Selesai perkara,” kata Bepe.
“Tetapi pada kenyataannya tidak semudah yang terpikir di benak saya. Butuh waktu lama untuk pada akhirnya saya berani untuk menulisnya. Padahal keputusan ini sudah saya ambil sejak empat bulan yang lalu. Iya, sejak empat bulan yang lalu,” sambungnya.

Bepe menambahkan bahwa kata Pamungkas sekaligus sebagai penggambaran kiprahnya di timnas. Dalam bahasa Indonesia, pamungkas memiliki arti yang terakhir.
“Saat itu saya memutuskan bahwa pagelaran Piala AFF 2012 akan menjadi penampilan resmi terakhir saya, bersama tim nasional Indonesia,” terang Bepe.
Bepe sadar betul keputusannya bukan tanpa risiko. Ia meyakini bahwa keputusannya mundur akan menimbulkan pro dan kontra, terutama dari khalayak pecinta sepak bola.
“Akan tetapi, saya adalah saya, pribadi yang selalu berusaha untuk berkata benar jika memang benar, dan mengatakan salah jika memang demikian adanya, dengan apa pun risikonya,” terang Bepe.
Dalam karier sepak bolanya, Bepe sudah memperkuat timnas Indonesia sejak 1998. Saat itu ia memperkuat timnas U-19, sebelum memperkuat timnas U-21 pada 2002. Pada 1999-2003, Bepe kemudian memperkuat timnas U-23, sebelum akhirnya mengenakan kostum timnas senior hingga Piala AFF 2012.
Terkhusus di timnas senior, menurut catatan Wikipedia Bepe sudah tampil sebanyak 85 kali. Dari 85 laga yang dilakoni, striker yang mengawali karier senior sepak bolanya di Persija Jakarta pada 1999 itu, menorehkan 37 gol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar