Cari Blog Ini

Selasa, 20 November 2012

Persija Tumbang Di Laga Uji Coba

Jelang menghadapi kompetisi kasta tertinggi Indonesia Super League (ISL) yang akan bergulir pada 5 Januari 2013, Sabtu 17/11 Persija melakukan ujicoba dengan tim promosi Persita Tangerang di lapangan Pelita, Sawangan, Depok. Pertandingan ujicoba yang dihadiri oleh ratusan The Jakmania ini dimulai pukul 15.00 dan menggunakan sistem 3x30 menit.

Dalam partai ujicoba melawan Persita ini, Persija tampil dengan menurunkan kombinasi materi pemain muda dan pemain senior seperti Leo Saputra, Rahmad Afandi, dan Galih Sudaryono. Pemain anyar Persija seperti Anindito, Fery Komul juga ikut diturunkan oleh Coach Iwan Setiawan.

Pertandingan ujicoba ini berlangsung dengan skema menyerang dari kedua tim. Persija di babak pertama harus kebobolan lebih dulu setelah Nanak melakukan own goal ke gawang Persija yang dikawal Andritany. Ketinggalan lebih dulu membuat Persija ingin mengejar ketertinggalan. Bermain di hadapan publiknya sendiri Persija tampil offensive untuk menyamakan kedudukan. Namun rapatnya barisan pertahanan Persita membuat Leo Saputra cs kesulitan menembus gawang lawan. Babak pertama berakhir 0-1 untuk Persita.

Babak kedua dimulai. Andritany keluar digantikan Galih Sudaryono. Rudi Setiawan pun juga dimasukkan untuk mendukung skema serangan dari lini sayap. Serangan Persija di lapangan jadi lebih hidup. Namun lagi-lagi usaha Persija untuk menyamakan kedudukan masih nihil karena kiper Persita tampil sangat baik di bawah mistar. Tampil di hadapan ratusan pendukung Persija, Persita bukan berati bermain tanpa serangan. Beberapa kali pemain depan Persita sempat menyulitkan pertahanan lawan namun masih bisa dipatahkan oleh barisan pertahanan Persija. Babak kedua berakhir kedudukan masih 0-1 untuk Persita.

Babak ketiga, Rahmat Afandi masuk untuk mempertajam lini depan Persija. Masuknya Rahmat Afandi menambah daya gedor di lini depan Persija. Skema ini terbukti ampuh. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Persita, Rahmat Afandi berhasil memasukkan bola ke gawang lawan. The Jakmania yang memadati lapangan Pelita, Sawangan pun sontak bersorak gembira menyambut gol yang ditunggu-tunggu. 

Namun sayang, hakim garis mengangkat bendera di pinggir lapangan pertanda gol dianulir karena Rahmat Afandi lebih dulu berada pada posisi offside. Skor tidak berubah. Kedudukan masih unggul untuk Persita 0-1. Persija terus menekan pertahanan lawan namun hingga peluit panjang dibunyikan kedudukan tetap tidak berubah. Persita keluar sebagai pemenang dengan skor 0-1 atas Persija.

Hasil kekalahan di laga ujicoba ini menjadi pekerjaan rumah yang serius untuk Coach Iwan Setiawan dalam meramu strategi permainan Persija. Hal ini tentu tidak mudah karena terkendala belum semua pemain senior seperti Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan ikut bergabung dalam latihan. Juga ditambah pemain asing seperti Pedro Javier, Fabiano. Dan Gustavo Lopez yang menurut update terakhir yang didapat, baru tiba di Jakarta Rabu, 21/12.

Seusai pertandingan Iwan Setiawan mengungkapkan “Mohon maaf belum bisa memberikan kemenangan untuk The Jakmania dalam laga ujicoba ini.”  

“Pemain belum padu satu sama lain, karena belum lama berlatih bersama, dan ini menjadi hal yang akan saya terus benahi untuk kekompakan team kedepannya,“ujar Iwan Setiawan. “Dari hasil pengamatan saya dalam ujicoba ini Anindito, Ferry Komul mampu memberikan kemampuan terbaiknya, pungkas Iwan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar